Perjalanan Awal PPG SM-3T Angkatan IV LPTK UNJ Tahun 2016

Bulan Maret 2016 istimewa untuk semua calon peserta SM-3T Angkatan IV seluruh Indonesia. Pasalnya, pengumuman penempatan PPG sudah bisa diakses. Meski demikian, tidak semua anak merasa puas dengan hasil penempatannya. Dirjen Belmawa yang menangani rupanya ingin memeratakan jumlah penempatan pada masing-masing LPTK, khususnya bagi LPTK yang baru tahun ini digunakan untuk melaksanakan PPG. Beberapa teman mengeluhkan mendapat penempatan yang jauh dan tidak sesuai bayangan mereka, misalnya: seorang teman asal Kebumen dikirim ke Bengkulu, beberapa teman dari Makassar dikirim ke Semarang, Bandung, Jogja, Jakarta, dll. Bagi mereka yang dari awal tahu kalau paten jurusannya bakal PPG jauh, tentu saja tidak menjadi masalah, tapi bagi mereka yang tidak mengira ya meninggalkan sedikit kekecewan. Ah, sudah. Bicara tentang penempatan PPG akan banyak sekali masalah.

Baiklah, saya akan ceritakan saja pengalaman awal perjalanan PPG di Jakarta. Hello… gue PPG di Jakarta! Meski harus pandai-pandai bersyukur, tapi kadang kebayang ruwetnya Jakarta, lalu mindernya saya yang cah ndeso bergaul sama teman-teman ibu kota dan sekitarnya. Oke, well, tanggal 16 Maret berangkat dari Lempuyangan bareng beberapa teman lain dari Jogja ditemani lagu “ada yang tertinggal di Jogjakarta, saat kunaiki kereta…”. Berat sekali meninggalkan orang tua dan keluarga, Samudra Ilmu, kawan-kawan PMD, KT, Taman Baca, EDC, dll juga kawan-kawan SM-3T Jogja lainnya yang penempatannya beda. Jam 2.30 sampai di Rawamangun, ketemu sama teman-teman dari Malang, Kebumen, Purworejo, dll sebanyak 24 anak. Dan perjalanan ke UNJ dimulai… .

Hari pertama datang di asrama ternyata sudah ramai. Ini hari terakhir lapor diri di asrama. Hampir semua kamar sudah diisi oleh penghuninya masing-masing. Selesai lapor diri aktivitasnya rapi-rapikan kamar, belanja keperluan kamar, dll. Hari selanjutnya, orientasi PPG di kampus A. Pagi-pagi jalan kaki dari asrama B ke kampus A, sekitar 1 km. Aih, senangnya hatiku bisa olahraga begini setiap hari, hehe. Kegiatan hari ke-1 sampai ke-3 secara umum diisi dengan pembukaan dan kuliah umum Rektor UNJ, materi-materi, motivasi, pengenalan asrama, pemilihan Lurah Asrama, pemilihan Ketua Kelas. Selesai deh orientasi, haha. Hari Minggunya, 20 Maret adalah jadwal pre test. Saya dapat jadwal pagi, semua anak baru mengerjakan sekitar 15 menit eh server error, waktu habis. Pulanglah kami ke asrama. Tiba-tiba ada informasi bahwa ujian ulang jam 13.00, balik lagi ke asrama. Oke deh. Alhamdulillah semua sudah berjalan lancar.

Begitulah sampai hari ini kegiatannya. Kalau di asrama sendiri ya biasa, makan, mandi, naik-turun tangga, kenalan teman-teman baru, blab la bla sampai tidur. Belum ada aktivitas akademi ataukeasramaan jadi masih sedikit santai. Sore ini, saya di kamar, menikmati senja dari balik jendela, sembari mendengar music-musik khas Indonesia Timur dari lntai I, teman-teman PPGT dan Kaimana sepertinya baru latihan untuk penampilan di acara wisuda mereka. Bismillah, semoga semangat saya selalu istiqomah selama menimba ilmu di Jakarta ini. Ibu kota anak dari Ibu Pertiwi juga, meski keras, pasti penuh kasih saying.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s