SM-3T Melekatkan Kekeluargaan

Dua hari lalu, saya dan beberapa teman SM-3T dari UNJ, UNY, dan UPI datang takziyah ke rumah Mas Yoyok (SM-3T Angkatan V LPTK UNNES penempatan Kab. Sambas) di Magelang. Tentu saja, kami yang notabene-nya beda angkatan dan beda LPTK tidak begitu mengenal Mas Yoyok. Tapi, demi mendengar berita gugurnya saudara kami itu, kami luangkan waktu untuk mengantarkannya sampai di pembaringan yang terakhir.

Begitulah SM-3T mengajari kami arti persaudaraan dan kekeluargaan. Kami merasa berada di bawah naungan payung yang sama. Persaudaraan kami pun tidak mengenal perbedaan LPTK, perbedaan angkatan, perbedaan suku dan daerah asal, serta latar belakang pribadi masing-masing. Bagi kami, SM-3T adalah rumah, sedangkan kami semua adalah penghuninya. Dan, selayaknya penghuni satu rumah haruslah saling peduli satu sama lain.

Hal tersebut yang menurut saya sebagai salah satu alasan beberapa hari lalu teman-teman sempat mem-bully seorang saudara kami yang lalai. Bukan mem-bully istilahnya, sekedar mengingatkan dalam kebaikan. Boleh jadi seorang saudara kami itu sedang khilaf, lupa berterima kasih pada SM-3T yang mengantarkannya menuju tanah yang dijanjikan mimpi-mimpinya. Ia dalam sebuah wawancara talkshow kondang di TV tidak menyebutkan sama sekali nama almamater SM-3T. Wajar saja jika beberapa teman tersinggung.

Kami, tentu saja tidak mengharapkan sebuah pengakuan seperti yang teman-teman dari profesi lain dapatkan ketika mereka tergerak ke pelosok negeri. Kami sekedar ingin menjadi akar yang selalu menumbuhkan pohon pendidikan anak-anak bangsa, meski harus bergerak dalam senyap. Teriring doa di setiap usaha kami, agar kami selalu erat mewujudkan impian untuk bersama-sama maju bersama mencerdaskan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s