Tunda

C360_2015-06-06-08-20-10-566

“Belajarlah untuk bijak, bahkan sejak dalam pikiran”, begitu saya pernah membaca satu kata Pramoedya.

Sebelum ini, saya tidak pernah percaya pada kata-kata “mencintai tidak harus memiliki”. Bagi saya, ketika mencintai dan tidak memiliki, maka semua cerita sudah tamat. Tapi, pada akhirnya, justru saya harus belajar dari kata-kata itu … .

Seperti sinetron, terkadang dalam kehidupan nyata, Tuhan benar-benar mempertemukan kita dengan seseorang yang kita cintai pada waktu yang tidak tepat. Ketika itulah, “mencintai tidak harus memiliki” diaplikasikan. Tentu saja, sebagaimana orang lain menyebut, hal seperti ini teramat picisan.

***

Perempuan itu, saya mengenalnya dari lelaki yang saya cintai. Belakangan saya tahu, dia memiliki kota yang saya impikan, juga memiliki cinta lelaki yang saya impikan. Tidak hanya itu, perempuan itu juga memiliki banyak kelebihan, ya dibandingkan saya. Aih, agaknya Tuhan terlalu pilih kasih. Sebagai perempuan biasa, tentu saja saya iri pada karunia Tuhan untuknya. Tapi, kembali lagi saya harus belajar dari kata, “mencintai tidak harus memiliki”. Dan, bukankah sebenarnya Tuhan juga memberiku karunia, dalam bentuk lain, tidak seperti yang dikaruniakan pada perempuan itu.

***

Tuhan belum selesai menentukan takdirku. Juga, belum selesai menentukan takdirnya bersama perempuan itu. Tidak ada salahnya untuk terus berpikiran positif pada skenario Tuhan. Bukan berarti saya terlalu santai dan menikmati zona nyaman, dengan cukup meletakkan namanya di hati saya, menunggu hingga waktu kelak (mungkin) akan tepat mempertemukan kita lagi.

Tuhan, saat ini sedang mengajari saya untuk: mencintai sendirian. Dan, pasti ada hikmah yang bisa membuat saya lebih pintar dan lebih bijak. Tentu saja.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

