“Ndleming”

Dalam hidup ini, banyak hal yang kita sukai, tapi banyak juga yang tidak kita sukai. Begitu banyak, silih-berganti, suka-tidak suka, suka-tidak suka, dst. Ya, begitulah hidup, akan jadi lebih berwarna ketika lebih banyak hal yang kita sukai dan tidak kita sukai. Ndleming.

Bicara mengenai suka dan tidak suka sama saja membicarakan pilihan. Dan, taukah mengapa kita harus memilih? Bisa jadi memilih adalah salah satu tuntutan hidup. Lantas, seorang dari kita bisa bilang, “Ketika kita berhenti memilih, maka kita berhenti hidup.” Bisa jadi begitu, bisa juga tidak. Ndleming.

Tentang pilihan-pilihan dalam hidup, tentu saja sangat subjektif. Tapi, ada kalanya satu orang dengan yang lain memiliki pilihan yang sama, Apa itu sah? Bisa jadi sah, bisa juga tidak. Bagaimana pun juga, pilihan adalah bentuk memerdekakan diri. Ndleming.

“Setelah membicarakan tentang pilihan, apa iya kita harus menyambungkannya dengan prinsip?” Seseorang bertanya demikian. Jawab saja, bisa jadi begitu, atau tidak sama sekali. Antara pilihan dan prinsip seperti dua anak yang terlihat kembar secara kasat mata, bukan dari pengamatan yang teliti. Ndleming.

Ya sudah, kalau begitu, sudahi saja pembicaraan tentang pilihan, karena saat ini saya memilih untuk berhenti membicarakannya.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s