Edisi Curhat: Perjalanan Skripsi

proposal

Yeah! Akhirnya saya posting juga tentang perjalanan skripsi. Em, edisinya memang curhat sih, soalnya kalut mau curhat membabi-buta ke teman-teman secara langsung takutnya pada bosan mendengar curhatku, hahaaa. Sebentar, apa Man? SKRIPSI! Busyet dah! Ini menandakan bahwa saya benar-benar sudah menginjakkan usia sebagai mahasiswa tua sekarang🙂 Sebenarnya belum sampai ke tahap skripsi yang ruwet sekali itu, saya baru mau nyusun proposal skripsi lho! Kok bisa? Terlambat nggak ya? Nah, ceritanya begini…

(1)
Sebenarnya, sejak semester IV di jurusan saya sudah dikenalkan dengan bagaimana penulisan proposal, em saya agak lupa, itu ada di mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah dan Membaca Sintopis. Nah, dari dua mata kuliah itu saya menghasilkan produk berupa proposal mini. Dan, eng-ing-eng, saya bisa juga membuat semacam proposal penelitian🙂 Waktu itu jadinya PTK tentang upaya meningkatkan keterampilan berpidato dengan strategi List Group Label dan membaca sintopisnya jadinya keterampilan diskusi dengan List Group Label. Sejak saat itu saya mulai mengenal yang namanya skripsi, jurnal, strategi pembelajaran, all about skripsi dah pokoknya! Hahaaa.

(2)
Di semester VI setelah melewati mata kuliah perencanaan pembelajaran, kurikulum, dll mulailah masuk ke dunia micro teaching. Pengetahuan seputar dunia pendidikan mulai bertambah. Nah, di semester ini ada mata kuliah penelitian. Pas banget dosen pengampunya Pak Kajur dan Bu sekjur, secara otomatis beliau-beliau menginginkan kita-kita bisa lulus secepat-cepatnya, tentu saja dengan kualitas yang baik.  Nah, maka dari itu, tugas akhir mata kuliah ini adalah sebuah proposal penelitian yang (bisa dibilang) setelah acc menjadi jembatan keledai menuju skripsi yang lebih matang karena sudah acc dari kajur dan sekjur. Mempercepat kan? Nah, alhamdulillah saya termasuk juga yang berhasil di-acc judul penelitian dan proposalnya. Saya ambil penelitian eksperimen tentang keefektifan suatu strategi untuk pembelajaran menulis cerpen. Waktu itu sempat ikut seminar juga, tentang penelitian itu tu. Em, sebentar lagi dilema perjalanan skripsi akan muncul…
Jeduarrr! Suatu siang di sela-sela kesibukan KKN-PPL saya mendapat kabar dari seorang teman, “Uss, selamat ya! Sudah ada pengumuman dosbing. Dosbingmu :)” (Kabar mengejutkan)

(3)
Sekarang saya sudah berada di pertengahan semester VII, saya sudah selesaikan laporan KKN-PPL yang mengharu-biru penuh dengan perjuangan keras dan intrik. Lebay. Seharusnya saya sudah mulai memperjuangkan proposal saya yang kemarin-kemarin sudah acc itu. Em, sebenarnya (entah dari mana saya tahu hukum seperti ini) ketika proposal sudah di-acc kajur, maka dosen pembimbing memiliki kesepakatan untuk berangkat bimbingan dari proposal itu. Akan tetapi, saya lain ceritanya. Kok ya ndilalah dosen pembimbing 1 saya tidak mau saya bimbingan langsung proposal. Saya musti mengulangi langkah dari awal, usulan judul. Dan, saya benar-benar mengulanginya. Saya bimbingan mengajukan 5 judul (1 diantaranya judul lama saya yang sudah jadi proposalnya). Eh, eh yang disetujui Bapak Profesor malah tentang Penilaian Proyek. Duhdek! Saya ganti judul! Parahnya, saya jadi kalut, mau dibawa kemana penelitian saya? Saya bingung menjadi jenis penelitian apa judul saya itu! Dyar! Untungnya, saya punya link kakak-kakak tingkat yang baik hati, mau menerima curhatan saya dan memberikan beberapa masukan. Sampai detik ini, sebenarnya saya belum menyusun lagi proposal baru saya, mungkin istilahnya saya masih “gagap”. Meman. Awalnya saya yakin dengan penelitian eksperimen, teman-teman banyak yang ngampil jenis sama jadi banyak yang bisa diajak sharing. Tapi, sekarang, semuanya harus berubah. Saya akan menyusun proposal baru, jenis penelitiannya deskriptif kualitatif, sesuai pemikiran saya-hasil diskusi dengan kakak tingkat-dan sedikit baca-baca (ini saja kalau pemikiran saya sesuai yang diharapkan dosbing 1 itu, kalau tidak? entahlah besok nasib saya di bimbingan selanjutnya). Sementara itu, dosbing 2 saya, via sms hanya menyarankan saya untuk segera menyusun proposal dan banyak-banyak baca skripsi,  tesis, jurnal seputar penilaian proyek. Itu saja. Padahal posisinya saya benar-benar sangat kalut. Oh my…

Em, saya sebenarnya iri dengan teman-teman saya. Pertama, kenapa sih saya dapat dosbing 1 tidak sesantai teman-teman yang lain? Saya harus berjuang melawan ketakutan. Em tentu saya tidak bisa menjelaskan perwatakan beliau di sini.  Kedua, kenapa sih saya ruwet banget proses bimbingannya nggak kaya teman-teman lain yang konsultasi proposal-lanjut-lanjut-lanjuuuttt. Ketiga, kenapa sih saya musti ganti judul? Kenapa musti mubadzir waktu? Malah judul saya sekarang rumit banget, penilaian lah, barulah, susah cari referensilah, bingung bagaimana konsep penelitiannyalah, mau jadi jenis penelitian apalah, mau ke sekolah manalah, dari mana saya akan memulailah, bingunglah, dlll. Hufh.

Em, saya mulai urai-urai, mulai belajar berpikiran positif. Bahwa tentu saja di balik kesusahan-kesusahan pasti ada kemudahan. Di balik keruwetan pasti ada jalan keluar. Dan, buat apa sih iri? Toh saya ini manusia dewasa, yang mustinya sudah bisa belajar ala manusia dewasa, tidak lagi manja-manja. Jadi, seberat apapun perjalanan ini, nantinya pasti saya akan berhasil juga jika pikiran saya positif. Nah, untuk menjaga tetap berpikiran positif ini yang susah, butuh perjuangan yang lebih kerass dari biasanyaa!
Em, oke, mungkin edisi curhat saya tutup sampai di sini dulu. Saya akan segera beranjak ke pekerjaan untuk menyiapkan presentasi Sintaksis di Tata Bahasa Deskriptif (mata kuliah yang saya kurang expert), lalu saya akan segera mengayuh semangat menuju penyusunan proposal jilid 2 edisi: semangatku tak boleh padam🙂 hahaaa.
Doakan saya ya! Sukses selalu untuk kita, para pejuang skripsi🙂

2 responses to “Edisi Curhat: Perjalanan Skripsi

Tinggalkan Balasan

