Pertanyaan

indexSelamat sore🙂
Ini pulang PPL, pisan-pisan nulis ah!
Sebenarnya saya juga masih bertanya-tanya di dalam hati, “Apa yang mau saya tulis? Sementara tugas yang harus saya selesaikan begitu banyak!” Nah, begitu lho biasanya saya berkomentar kalau mau nulis apa, atau mau baca apa. Ujung-ujungnya pasti kepentok masih banyak tugas kuliah, tugas KKN, atau tugas organisasi yang harus saya kerjakan. Lantas, saya menunda upaya untuk belajar menulis, atau sekedar membaca novel ataupun cerpen yang entah sudah saya beli sejak berapa tahun yang lalu. Mungkin tulisan ini, bisa sedikit menyadarkan saya, dan membuktikan bahwa saya bisa tidak menjadikan aktivitas menulis dan membaca itu hanya dilakukan di waktu senggang saya. Akan tetapi, justru waktu yang saya luangkan untuk menulis atau membaca. Jadi, nanti saya akan mendapatkan sebuah pernyataan semacam ini: “Luangkanlah waktumu untuk belajar menulis atau membaca (apapun itu), bukan belajar menulis atau membaca cukup di waktu luangmu saja”. 🙂 Karena sudah mendapatkan pernyataan semacam itu, maka saya tinggal belajar konsisten. Yap! Berat sekali tentunya di “konsisten”nya itu.

Saya tidak akan melanjutkan tulisan tentang belajar konsisten itu. Takutnya malah jadi sok menggurui. Parahnya, kalau sudah sok menggurui gitu, eh eh sayanya malah nggak bisa memegang omongan sendiri, kan parah, kaya ada istilah omongane ra iso dicekel. Duh!
Oke, kalau begitu saya akan lanjut menulis, tapi dengan tema yang berbeda. Haha.
Entah kenapa, rasa-rasanya semenjak jadi mahasiswa tua (antara mahasiswa KKN dengan mahasiswa yang sudah semester 7) banyak sekali mendapati pertanyaan yang menohok. Semisal begini, waktu ketemu saudara-saudara pas lebaran, “Mbak Uss, kapan lulus?” Lalu, pas ketemu teman lama ditanya, “Lho Uss, masih single aja? Teman-teman banyak yang udah nikah lho.” Lalu, pas ketemu teman seangkatan, “Uss, skripsi mau bahas apa? Kapan ngurusnya?” Lalu, pas ketemu teman KKN-PPL yang saben hari ketemu, “Kapan UH Uss? Kapan selesai praktik ngajarnya sih kamu? Laporannya kapan buatnya?” Duduh… Rasanya mendapat pertanyaan semacam menohok gitu kaya saya jadi balon gas warna pink unyu-unyu banget gitu, yang terbang ke angkasa, menari-nari, cantik, gemulai, tapi tiba-tiba JEDDUAR! (haha)
Em, kadang kala, suka membayangkan, semisal saya jadi kanak-kanak lagi, pasti tidak ada pertanyaan-pertanyaan yang menohok dan membutuhkan jawaban ruwet semacam itu. Akan tetapi, saya kembali lagi berkaca. Kalau badan segede gini, nggak mau dapat pertanyaan yang jleb-jleb, nggak mau belajar banyak hal tentang kehidupan dan pemikiran orang dewasa, kapan saya bisa berkembang? Apa iya, saya pasrah jadi katak dalam tempurung? Hidupnya enak nggak banyak masalah, tapi pengetahuannya sempit.
Oke, bagaimanapun kompleksnya kehidupan yang kita jalani saat ini, asalkan kita punya sesuatu nun jauh di sana yang dituju, pasti kita tidak akan cepat menyerah pada keadaan. Justru, keadaan itulah pada akhirnya yang menggembleng kita untuk kuat. Ibarat kapal yang berlayar, tentu mereka punya tempat berlabuh yang berbeda-beda. Kadang ia harus berlayar mengarungi badai, sementara di samudera lain ada kapal  yang berlayar beriring angin sepoi. Begitu juga perjalanan hidup kita. Terkadang kita merasa berat, sementara teman kita rasa-rasanya nggak pernah ada masalah di hidupnya. Itu kan cuma menurut pendapat kita. Padahal, setiap orang tentu saja punya kekompleksan masalah sendiri-sendiri. Pada akhirnya, kapal yang bisa berlabuh di tempat yang ia rencanakan adalah kapal yang kuat. Begitu juga akhir perjalanan hidup kita. Hanya orang kuat yang akan sampai pada titik labuh yang mereka rencanakan.
Em, begitu dulu. Tiba-tiba saya ingat harus menyelesaikan banyak tugas lagi. Haha…
😀

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

