Hari ini. . .

wah..malem minggu yang meng-ehem kan.

Aku dirumah sendiri, malem-malem makin gelap makin sepi. Dan suasana mencekam pun setia menemani malam minggu ku kali ini….ZZZzzzttt.. Tiba- tiba . . .

heee bukan malem minggu yang mo aku crita’in.

Tapi hari minggu nya ini.

Pagi-pagi aku dah standby di depan rumah temenku. Ya, si Aya. Karna emang kali ini kita mo pergi bareng ke tempat di mana kita bisa mendapat sepenggal ilmu di sana. Halah !!

Rencana kita mo ke Taman Pintar. Bukannya mo cuci mata liad anak-anak kecil pada maen di sana, tapi kita emang dapet undangan hadir pada acara penutupan perayaan FESTIVAL MENTORING 2008.

Wah, dan sekitar jam 08.15 kita melaju ke kota. “Bismillahitawakaltu’alallah” Sang mentari yang mulai semangat menebar pesona nya, membuat kita malas ngomong banyak di jalan, yah takut ntar kekeringan !! hee..

Dan setengah jam pun berlalu. Kita uda nyampe depan Taman Pintar. Langsung parkir motor dan masuk ke gedung kotak di sana. Waduh !! Kita bak anak ayam kehilangan induk. Benar-benar aku cuma kenal Aya dan Aya cuma kenal aku saat itu. Kesan pertama masuk..”Wuss..anak-anak alim yang pada pake pakaian muslim dan muslimah yang benar-benar sopan. Mereka memperlihatkan pergaulan pemuda yang menurutku mak nyus banget !! Ada jarak antara anak putra ma anak putri.” Secara tak mereka sadari, mereka telah memberi pelajaran berharga pada gadis biasa yang berdiri di depan pintu dan kelihatan dia lagi bingung menyadarkan dirinya sendiri dari lamunan yang baru saja dirangkainya. Pelajaran pertama hari ini : Bergaul dengan seorang pandai besi maka kamu akan tertular baunya, dan bergaul dengan penjual minyak wangi kamu akan kecipratan wanginya.

Acara penutupan Festival mentoring ini sebagai acara penutup setelah kurang lebih selama satu bulan, terhitung 2 Oktober diadakan festival mentoring umum bagi semua peserta mentor di Yogyakarta yang dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, seperti Pemilihan Da’i remaja, Lomba rias Jilbab dan lain-lain.

Mentoring itu apa ?? mungkin ada yang bertanya. Seperti yang aku ketahui sampai hari ini, mentoring adalah semacam forum dakwah para kawula muda kepada saudara sesama muslim. Yah, dengan visi saling berbagi ilmu, saling mengingatkan padaKebesaran Tuhan Pencipta Jagad, menjaga ukhuwah dan mengisi waktu untuk berjihad !!

Acara festival mentoring kali ini mengangkat tema “Pemuda Dalam Perjuangan” merupakan bentuk kerjasama SKETSA dan FaRohis Jogjakarta. Apa itu SKETSA dan FaRohis aku belum begitu mengenalnya. Setahuku mereka adalah organisasi pengelola kegiatan mentoring anak SMP, SMK dan SMK. Ada pula FPPL (Forum Pemuda Pecinta Lingkungan) dan banyak lagi. waah..saking cupu nya, aku ga bisa sebutin satu persatu.

Yang membuat aku semangat ikut acara penutupan adalah, karena akan ada talk show yang akan membahas sepenuhnya arti dari sebuah perjuangan seorang pemuda.

inilah saat yang kutunggu telah tiba. Dan sambutlah. . . Bpk Drs. H. Abady Darban, S.U (beliau adalah ketua jurusan sejarah Fak. Ilmu Sosial Budaya) beserta Ust. Fadly Reza.

Pertama kali beliau berdua bilang, bahwa pelajaran tersulit dalam hidup pemuda adalah belajar sejarah, mengetahui bagaimana kita bisa ada sekarang adalah tak lepas dari sejarah orang-orang tempo dulu. Sebut saja sejarah kemerdekaan RI kemudian sejarah Perkembangan Islam, dan seabrek ilmu sejarah yang lain.

Jauh dari itu, dijelaskan lagi “Bagaimana agar seorang Pemuda bisa benar-benar matang menjalani hiodup”

Dari kesempatan mendengarkan hari ini, aku tahu sedikit cara nya. yang oleh Ust. Fadly dikatakan “Untuk bisa menjadi pemuda yang matang, pemuda yang siap menjadi seorang yang massif, Profesiaonal dan amndiri !! (waah..rada berat mencernanya) seorang pemuda Islam harus bisa menerapkan 5 M.

(Makan, Mandi, Masak, menguras bak mandi, membuang sampah pada tempatnya !!) Heeeee..bukan itu tapi !!!

LIMA “M” adalah :

1. MOTIVASI

Cari motivasi agar kita bisa lebih bisa memaknai hidup. Rasulullah SAW sebagai semangat jeehad, orangtua kah, teman kah, guru kah, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, RA Kartini, atau siapalah yang karena dia kamu bisa berbuat lebih.

2. MIND SET

Settinglah pikiran sejak dini. Bisa dengan Baca, diskusi dan ikut organisasi. Dimana saat kita membaca kita tahu, saat kita diskusi, kita bisa membandingkan sudut pandang kita dengan teman tu beda, lalu ikut organisasi untuk lebih mengembangkan yang kita tahu.

3. MENTAL SET

bagaimana kita bisa menata mental saat orang-orang yang kita hadapi tidakl sepaham dengan kita

4.METHOD

dan yang ke

5. MODEL

yang dalam hal ini rasulullah SAW sebagai contoh dari setiap titian hidup kita.

Kesimpulannya yang dapat aku terima dari pendengaranku tadi adalah . . .

SIAPKAN NUTRISI HATI ANDA !! karena hari esok pasti ada di tangan pemuda-pemuda.

Orang hebat itu adalah Kalian semua !! Semangat pemuda adalah api yang berkobar, yang siap membakar semua alang-alang yang mrintangi cita-cita.

Kata bijak hari ini . . .

“Engkau adalah apa yang engkau pikirkan tentang dirimu”

“Keraslah pada dirimu sehingga kelak masa depan akan menyambutmu dengan lembut “

“Akhlak dan pikiran adalah awal dari mulutmu, mulutmu awal dari perbuatanmu, perbuatanmu awal dari sikap mu, sikapmu awal dari kebiasaanmu (karakter), dan kebiasaanmu adalah TAKDIR mu”

yah itulah perjalanan singkatku hari ini. INILAH HIDUP !! Alam saja sudah bisa mengajari kita tentang ilmu. Hidup ini penuh dengan hal-hal luar biasa yang kerap kita lalaikan adanya. Pelajaran kedua hari ini : Belajar mensyukuri karunia-Nya.

3 responses to “Hari ini. . .

  1. assalamu’alaikum wr wb
    well well
    apa kita sempat berpapasan di gedung kotak itu??
    baca artikelmu jadi pengen ngrasain senengnya anak SMA ikut mentoring.
    Yup. Salam kenal ajah.
    wss wr wb

  2. hihi asyik nie acara ke beginian…………… saya agaka terkejut……….
    kenapa saya terkejut, kenapa saya begitu heran, kenapa saya merasa bersalah karena telah berprasangka buruk… jadi pengen ngobrol lagi nie de` hahhehhee mo tau kan kenapa, ntar tak kasih taw jawabanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s