Dari sini ku dapat…

Terinspirasi dari novel Laskar Pelangi nya Andrea Hirata itu, aku semakin yakin bahwa manusia hidup di alam fana ini harus mampu bertahan dari semua terpaan cobaan yang menghadang. Kadang aku pesimis, seakan seisi dunia ini benar-benar sekongkol melecehkan keberadaanku. Dan saat aku benar-benar down, tak ada satu tangan pun terulur menyambut diriku dengan semua masalah yang tertumpuk, menjamur di otakku kecuali satu. Bisikan itu….

Bisikan yang aku tahu itu datang dari Dia yang benar-benar mengasihiku. Katanya : ” Tak ada gunanya kamu menyalahkan semua orang itu. Mereka punya hidup sendiri. Tak mungkin kau akan menambatkan semua bebanmu ini pada mereka. Kuatkan hati !! Tegakkan semangat yang memang itu ada di dadamu !! Yakinkan sepenuh hatimu bahwa kamu lah satu-satunya yang bisa memberi cahaya terang di jalan gelap yang berliku penuh tantangan ini. Hadapi semua tanpa beban sedikitpun di senyummu. Buktikan pada-Ku kau benar-benar bisa menjadi sesuatu yang mencuri perhatian-Ku”

Dulu, saat aku masih bak katak dalam tempurung, yang masih begitu getol dengan pemikiran ala anak 10 tahun-an, aku pernah berfikir mengapa Tuhan harus memberikan cobaan bahkan yang dirasa amat berat bagi umatnya. yang dari semua itu tak ada yang bisa dipetik selain kepedihan yang mendalam, keputus asaan. Padahal tanpa ada cobaanpun manusia sudah merasa susah menjalani hidup.

“Itulah hidup Bung !!” kata orang-orang bijak di sana, yang memang benar adanya.

Manusia hidup di dunia dapat dibayangkan layaknya seorang pengembara yang dengan sepeda tuanya yang renta seperti hati yang punya tanggungjawab besar ke mana akan membawa tubuh tak berdaya ini. Sepanjang jalan yang dilewati sang pengembara tak luput dari tanjakan, tikungan tajam, jalan licin berbatu cadas, lubang besar mengintai yang siap menjebloskan sepeda reyot dan tubuh lemah di atas sepeda itu ke mulutnya. Itulah cobaan bagi sang pengembara. Belum lagi ditambah derasnya hujan yang menyambut blangkah kaki yang terseok-seok mencari letak di mana sebuah cahaya abadi dapat ditemukannya. Panas terika tak dapat dirasakan lagi karena kulit sang pengembara sudah mati rasa.

“Itulah hidup Bung !!” Alam benar-benar akan menyeleksi semua umat yangb ada di dalamnya. Dan hanya manusia-manusia terpilihlah yang dapat menemukan cahaya abadi itu. ia adalah orang-orang yang tak takut pada takdir yang telah digariskan Tuhan. Dia adalah orang-orang yang mampu melewati semua tikungan, tanjakan, dan sampai di suatu tempat yang lapang di mana dia dapat menghirup dalam-dalam segarnya udara kemenangan. Itulah orang-orang yang pantang berkata ” Aku ga kuat dengan semua ini !! ini terlalu berat untukku !!”

Virus Laskar Pelangi yang mewabah ke hampir seluruh lapisan masyarakat ini benar-benar membuatku sangat tergila-gila pada tantangan hidup yang selama ini menghantui dan kupikir menjadi bayang-bayang kelam dalam hidupku. Betapa tidak ???

Perjuangan mereka….10 anak Laskar Pelangi ( tambah satu anak kaya itu…jadi 11 anak de !!) benar-benar jauh lebih menyedihkan dari sebanyak persoalan hidup yang pernah aku dapat dari cerita teman-temanku. Aku begitu terpesona dengan cerita hidup mereka yang memang benar adanya. Tengoklah Lintang…anak pesisir yang lahir dari keluarga buta sekolah-an ternyata punya otak cemerlang. Tapi menyedihkan saat aku membaca novel best seller itu yang bercerita bahwa si anak genius yang tak patah semangat walau 80 km menantinya setiap hari harus putus sekolah lagi-lagi karena cobaan hidup yang menuntutnya harus melepas semua angan dan cita-citanya. Lalu cerita Mahar dengan imajinasi tingkat tingginya. Sahara, A Kiong, Trapani, Borek, Harun yang cacat mental,Ikal si Andrea Hirata yang kita kenal sekarang, Kucai, Syahdan dan satu lagi….Flo. Sebuah kisah nyata ini memberi fakta bahwa Takdir yang digariskan oleh-Nya tak akan dapat dibaca manusia sepintar apapun. Tak kan mungkin terbayangkan betapa manisnya nasib di masa depan anak-anak yang tak ada garis kesuksesan terlihat sedikitpun dari mereka. Inilah NASIB yang angkat bicara memuliakan nama mereka si anak-anak desa yang kumal.

Kini tak ada sangsi sedikitpun, bahwa Tuhan akan selalu memberi kita yang terbaik asal kita mau berusaha mendapatkannya. Tak ada satu makhluk pun yang tercipta hanya untuk kesia-siaan belaka. Asal kita yakin pada semua yang kita pilih (tentu itu yang terbaik dan tak menyimpang ajaran-Nya) pasti sesuatu yang kita harap akan tercapai…bahkan bisa lebih baik dari yang kita bayangkan sebelumnya. “Yang penting kita sudah usahaa…” seperti kata-kata bijak itu.

Get Spirit untuk memulai langkah hidup kita. Sang pengembara yang benar-benar hebat adalah kita yang mampu mengantisipasi terpaan debu di jalan yang berliku, curam penuh lubang yang menyeramkan. Dan Bismillahirrahmanirrahim…..YAKIN BISAAAAAAAA

2 responses to “Dari sini ku dapat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s