Teknologi Informasi di sekolah

Kata orang awam, anak-anak yang sekolah di SMK sebagian besar dari kalangan keluarga menengah ke bawah yang sudah pasti minim pengetahuannya tentang teknologi. Dalam angan mereka penghuni SMK yang didominasi dari kalangan “wong ndeso” ini cenderung hanya sebagai follower dan penikmat hasit perkembangan teknologi saja, tanpa suatu pemikiran darimana dan bagaimana semua alat-alat canggih itu diciptakan. Mungkin pendapat tersebut ada benarnya juga.

SMK 2 Yogyakarta, sebuah Sekolah menengah kejuruan yang terletak di pusat kota Yogyakarta, memiliki lebih dari 2000 siswa kelas 1, 2 dan 3 dari semua jurusan yang ada di sekolah ini. Berbagai kriteria siswa ditemukan di sini dengan berbagai ketrampilan yang mereka miliki dan dari berbagai kalangan mereka berasal.

Dari masing-masing jurusan yang ada tersebut, SMK N 2 Yogyakarta memberikan fasilitas yang sama dan seadil-adilnya.

Fasilitas-fasilitas yang menonjol berkaitan dengan dunia teknologi. Diantaranya di sediakannnya ruang KKPI (Ketrampilan Komputer Pengelolaan Informasi) yang semua siswa diberikan jadwal penggunaan ruang ini sesuai jam pelajaran KKPI yang ada untuk kelasnya. Dalam pelajaran KKPI ini, para siswa diberi materi-materi dasar software application yang menyangkut penggunaan sarana office yang ada saat ini dengan didampingi oleh guru- guru pengampu mata pelajaran tersebut.

Selain itu, fasilitas lain yang ada dan menunjang kegiatan belajar siswa adalah adanya Warnet Sekolah yang dibuka umum bagi siswa-siswa dengan tarif yang sangat murah dibanding warnet-warnet di luar sekolah. Hali ini memberikan kemudahan siswa mengakses dunia luar sekaligus menambah ilmu tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk warnet tingkat atas yang dimanfaatkan sebagai Digital Library pun ada.

Sarana-sarana lain yang berkaitan dengan IT di SMK 2 Yogyakarta dapat dilihat langsung dari masing-masing jurusan yang ada. Seperti misalnya jurusan Teknik Komputer&Jaringan, sudah barang tentu tak bsa lepas dari sarana teknologi yang ada. Mulai dari praktek hardware maupun softwarenya. Jurusan Teknik Audio&Video pun butuh komputer untuk bahan dan fasilitas prakteknya. Begitu pula Jurusan Teknik Permesinan, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Survey Pemetaan, Teknik Bangunan Gedung Sederhana, Teknik Konstruksi Bangunan, semuanya tak lepas dari pemenuhan kebutuhan lewat media Teknologi Informasi. Setidaknya untuk membuat suatu laporan, mereka butuh computer untuk meringankan pekerjaan mereka.

SMK N 2 Yogyakarta selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik bagi kemajuan pendidikan siswanya, termasuk kebutuhan dalam dunia Teknolog Tentunya untuk membuktikan bahwa lulusan SMK tidak kalah saing dengan lulusan SMA, MA dan sederajatnya serta tak kalah dalam dunia bisnis dan industri.

4 responses to “Teknologi Informasi di sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s