Si bontot yang berkiprah di dunia jurnalistik

Bontot atau lebih bakunya terkecil, tidak hanya disebutkan bagi seorang anak bungsu saja. Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta memanggil KULI TINTA sebagai organisasi bontot di sekolah kita. (Ya, sebelum lahir bontot-bontot yang lain tentunya)
Organisasi yang tepat lahir pada tanggal 14 September 2007 ini terbentuk karena kemenangan SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam perlombaan Web Sekolah tingkat Nasional tahun 2007. Adanya pemikiran “ sangat disayangkan jika web sekolah yang sudah dengan susah payah terbentuk ini hanya disia-siakan”, maka KULI TINTA pun dirilis. Organisasi yng bergerak di bidang jurnalis ini bekerja sebagai wartawan sekolah yang mengemban tugas untuk selalu meng-update segala berita seputar sekolah, kemudian meng-uploadnya ke Web Sekolah ( yang beralamatkan www.smk2-yk.sch.id) sehingga para pengunjung dapat mengetahui berita-berita terkini di SMK Negeri 2 Yogyakarta yang selalu up to date.
Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, KULI TINTA membentuk tim-tim kecil yang masing-masing tim memiliki tugas dan tanggungjawab sesuai apa yang diemban olehnya.
Untuk mendapatkan bahan berita yang akan di-upload, KULI TINTA menerjunkan langsung Tim Berita yang terdiri atas seorang reporter, fotografer dan editor ke tempat kejadian perkara. Reporter bertugas sebagai wartawan yang mencari sumber-sumber berita, fotografer bertugas mencari gambar acara, dan editor bertugas mengedit dan mentranslate naskah berita buatan reporter ke dalam bahasa Inggris. ( Web SMK N 2 Yogyakarta ada 2 versi, versi Indonesia dan versi Inggris).
Selain berita seputar kegiatan dan acara sekolah, Web sekolah kejuruan bersertifikat ISO ini juga memuat rubrik seputar lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang berrelasi dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK N 2 Yogyakarta. Berita ini yang kerap kali disorot oleh beberapa pengunjung. Agar berita lowongan ini ter-update, maka dibentuk pula Tim BKK KULI TINTA yang bertugas mencari berita lowongan kerja yang ada pada daftar Lowongan kerja di BKK SMK 2 Yogyakarta agar para pencari kerja mendapat berita lowongan kerja yang lengkap dengan syarat-syarat yang diajukan perusahaan, waktu pendaftaran sekaligus tempat pendaftarannya.
Semua berita yang ada tersebut tidak dapat di-upload ke web sekolah tanpa adanya seorang Administrator Web (Admin) yang memiliki tugas untuk meng-upload berita-berita dari Tim Berita maupun Tim BKK yang bertugas.
Di luar kegiatan rutin seorang wartawan sekolah seperti tersebut di atas, KULI TINTA mempunyai program pelatihan-pelatihan bagi para anggota. Pelatihan yang sudah terlaksana selama ini adalah pelatihan Animasi dan Desain Grafis. Sementara pelatihan yang masih di-planningkan adalah Animasi Perfilman&video. Segala bentuk pelatihan iini memiliki satu misi, yaitu meningkatkan bakat dan seni para anggota KULI TINTA dalam dunia teknologi sehingga dapat memupuk ketrampilan yang dimiliki para anggota di luar aktifitas jurusan yang ditekuninya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s