Ruang VIP itu…

Very Important Person. Ruang VIP yang saya maksud di sini lebih dikenal dengan nama ruang SAS (Self Access Study), ruang di mana semua siswa dapat mengakses langsung kebutuhan mereka akan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah lewat sebuah jendela khusus yaitu E-Library atau digital library.

Namanya juga VIP, ruang ini sarat dengan fasilitas-fasilitas yang serba high class. Mulai dari desain ruangannya yang menyegarkan, nyaman untuk belajar serta lengkap dengan pendingin ruangan, komputer-komputer yang tertata rapi, tempat duduk yang nyaman, dan sudah tentu koneksi ke internet pula.

Yah, inilah satu contoh betapa sebuah instansi pendidikan sangat membutuhkan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menunjang kemajuan pendidikan seluruh lapisan warga sekolah di bidang iptek khususnya.

Ruang Self Access Study di sekolahku ini benar-benar dimanfaatkan sepenuhnya untuk mencukupi kebutuhan siswa akan materi-materi pelajaran yang diajarkan oleh bapak-ibu guru di kelas. Karena dengan adanya media Digital Library sangat membantu para siswa mendapatkan bahan materi pelajaran yang memang di-upload dari bahan ajar yang dimiliki bapak-ibu guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Digital Library memberikan kemudahan siswa untuk men-download materi-materi yang mereka butuhkan, baik materi ajar Produktif ( semua materi yang menyangkut jurusan yang ditekuni siswa), Adaptif (pelajaran-pelajaran wajib yang biasa di-Ujiankan seperti : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris) maupun pelajaran Normatif ( menyangkut penanaman norma dan moral bagi siswa, seperti : Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, olahraga, dll)

Ruang VIP ini tidak hanya digunakan oleh para siswa saja. Guru-guru pun tidak kalah ikut menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di ruang mewah ini. Ruangan ini biasa dijadikan sebagai tempat pelatihan bagi para guru untuk mengenal lebih jauh tentang dunia komunikasi global lewat sebuah jaringan internet. Seperti misalnya para guru diajari cara membuat sebuah email, lalu melanjutkannya dengan membuat sebuah blog, lalu bagaimana cara menga-uploadnya, maupun pelatihan-pelatihan lain yang dapat mendukung proses di mana para guru harus menentukan sistem pembelajaran yang searah dengan majunya perkembangan zaman.

Self Access Study adalah bukti nyata pemanfaatan Teknologi informasi di sekolahku. Di mana di zaman yang serba cepat ini kita juga bisa dengan cepat mendapat informasi-informasi yang kita butuhkan lewat sebuah media yang diberi nama internet.

2 responses to “Ruang VIP itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s